A.Tujuan Kurikulum
Program kursus bahasa Indonesa untuk penutur asing bertujuan untuk mempersiapkan peserta kursus agar mampu berbahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan dengan lancar. Di samping itu, peserta diharapkan mampu memahami kebudayaan Indonesia umumnya dan kebudayaan Minangkabau khususnya.
B. Tujuan Instruksional Umum
1. Tingkat Pemula
Tingkat pemula bertujuan agar peserta kursus mampu berkomunikasi, baik secara formal maupun informal. Pada tingkat ini, dititikberatkan pada ragam percakapan.
2. Tingkat Menengah
Pada tingkat menengah, kursus bertujuan untuk mempersiapkan peserta kursus agar mampu menggunakan berbagai ragam lisan dan tertulis. Mahasiswa dapat memahami kebudayaan Indonesia, sistem pemerintahan RI, dan penduduk Indonesia.
3.Tingkat Lanjutan
Tingkat lanjutan bertujuan agar peserta kursus mampu berdiskusi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan dapat menulis esai dan laporan. Pada tahap ini, mahasiswa akan diajak praktik lapangan untuk memperhatikan aspek agama, adat istiadat, dan kesenian Minangkabau.
TUJUAN INSTRUKTUKSIONAL
KURSUS BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING
I. TINGKAT PEMULA
1. |
Menyimak ragam percakapan formal dan informal sesuai dengan situasi. |
Misalnya: |
2.
|
Berbicara dan menceritakan kembali pengalamannya dengan ragam percakapan formal dan informal sesuai dengan situasi dan kondisi. |
Misalnya: |
3.
|
Membaca teks bersifat informatif dan berstruktur sederhana. |
Misalnya: |
4.
|
Menulis surat pribadi (informal) dan teks yang bersifat naratif (formal).
|
Misalnya: |
5.
|
Budaya berlaku sesuai dengan adat istadat verbal dan nonverbal yang umum di Indonesia.
|
Misalnya: |
6.
|
Mengapresiasikan beberapa cabang kesenian Indonesia
|
Misalnya: |
II. TINGKAT MENENGAH
1 |
Menyimak teks |
Misalnya: |
2 |
Membicarkan topik yang aktual, baik secara formal maupun informal |
Misalnya: |
3
|
Membaca teks deskriptif dan naratif yang mempunyai struktur sederhana |
Misalnya: |
4
|
Menulis teks yang bersifat naratif dan deskriptif serta menulis resmi |
Misalnya; |
5
|
Memahami sistem negara pemerintahan dan warga negara Indonesia |
Misalnya: sistem pemerintahan berupa RT, RW, Lurah, Camat, Walikota/Bupati, Gubernur, dan Presiden RI. |
6
|
Apresiasi seni Indonesia |
Misalnya: |
III. TINGKAT LANJUTAN
1 |
Menyimak teks argumentatif |
Misalnya: Ulasan TVRI, RRI, wawancara, pengajaran, ceramah tv, dan radio, kemudian diceritakan kembali |
2 |
Mendiskusikan topik yang aktual/ seminar dalam situasi formal |
Misalnya: Menyiapkan naskah atau makalah yang bersifat argumentatif, esai untuk disajikan dan diperdebatkan serta mendengarkan ceramah yang mengajukan pertanyaan |
3 |
Mampu membaca berbagai jenis teks yang berstruktur kompleks |
Misalnya: Iklan yang makna metaforis, berita, reportase, esai, karya sastra, pidato, tulisan di majalah Tempo, Kompas, dan koran daerah |
4 |
Menulis esai yang lebih komplek dan ilmiah |
Misalnya: Resensi, laporan, karya ilmiah, meringkas, memberi opini, komposisi lengkap dari berbagai topik, tujuan tulisan ilmiah, kerangka karangan, daftar pustaka, kutipan |
5 |
Mengulas berbagai aspek kehidupan di indonesia |
Misalnya: mendengar ceramah kebudayaan dan menyusun laporan yang berisi opini |
6 |
Apresiasi beberapa cabang seni tradisional minangkabau |
Misalnya: Bermain talempong, saluang, randai, tari, nyanyi melihat cara menenun songket, dll. |
TABEL KEGIATAN
KEGIATAN KELAS | TINGKAT PEMULA | TINGKAT MENENGAH | TINGKAT LANJUTAN |
Menyimak | 25%=2 Jam Menyimak | 20 %= 2 Jam Menyimak Dengar Menyimak Pandang Dengar |
10%=2 Jam Menyimak Dengar Menyimak Pandang Dengar |
Berbicara | 25%=2 Jam Berbicara |
25%=2 Jam Penyajian Lisan | 20 %=2 Jam Diskusi/Seminar Penyajian Makalah |
Membaca | 10%=2 Jam Membaca | 10%=2 Jam Membaca |
15%=2 Jam Membaca III |
Menulis | 10%=2 Jam Menulis Dasar |
15 % = 2 Jam Tulisan Ilmiah | 20%=2 Jam Tulisan Ilmiah |
Tata Bahasa |
10%=2 Jam Tata Bahasa | 20% = 2 Jam Tata Bahasa |
20 %=2 Jam Tata Bahasa |
Budaya | 20 %=2 Jam Budaya | 10%=2 Jam Budaya |
15 %=2 Jam Budaya |
- MENYIMAK TEKS ARGUMENTATIF